PHI's Corner

Business Intelligence (BI)

Training BI & SQL

Bahasa SQL‎ > ‎

Apa itu Join ?

Pendahuluan

Pada bahasa SQL, operasi join atau penggabungan "menyamping" antar table adalah operasi dasar database relasional yang sangat penting. Untuk mendukung perancangan database resional yang baik, berikut adalah penjelasan dan ilustrasi mengenai join ini.

Contoh-contoh di bawah ini mengunakan database PHI-Minimart. Instalasi contoh database ini dapat dilihat pada halaman ini.

Merelasikan Table dengan "Join"

Secara singkat join adalah operasi menghubungkan antar beberapa table sehingga terbentuk satu set data yang baru. Sebagai contoh, saya memiliki hubungan antar table master cabang dan master kota yang tampak pada gambar skema berikut ini.

Gambar : Table "ms_cabang" memiliki relasi dengan "ms_kota" melalui kolom "kode_kota"


Beberapa poin dari skema di atas adalah sebagai berikut :
  • pada table "ms_cabang" kita dapat melihat informasi "nama cabang" dan "kode kota".



  • kita ingin mencari keterangan "nama kota", dan data tersebut ada di table "ms_kota" (gambar di bawah). Relasi antara kedua table ini perlu dicari karena kita memerlukan informasi akhir gabungan yang diambil dari masing-masing table tersebut. 


  • Perhatikan kedua gambar, nilai-nilai pada table "ms_cabang" dan "ms_kota" ternyata memiliki kaitan atau relasi pada kolom "kode_kota". 
  • Sebagai contoh, untuk mencari nama kota dari cabang "PHI Mini Market - Lhokseumawe 01" maka kita perlu mengambil nilai kode kota dari cabang tersebut, yaitu "KOTA-001". Setelah itu, dengan data tersebut kita cari data row terkait di table "ms_kota" sehingga kita dapatkan "Lhokseumawe" sebagai nama kotanya.


  • Dengan menggunakan join di SQL maka hasil akhir tampak seperti gambar berikut ini.



Penutup

Join adalah penggabungan table yang dilakukan melalui kolom / key tertentu yang memiliki nilai terkait untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap. Lengkap disini artinya kolom data didapatkan dari kolom-kolom hasil join antar table tersebut.

Join diperlukan karena perancangan table pada sistem transaksional kebanyakan di-normalisasi, salah satu alasannya untuk menghindari redundansi. Untuk informasi selengkapnya mengenai normalisasi data bisa dibaca pada halaman situs wikipedia ini.

Dan untuk Anda yang ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai konsep lain di database relasional atau bahasa SQL, silahkan bergabung dengan komunitas kami dari informasi di halaman ini.

Comments