Halaman Depan‎ > ‎

Cara Menggunakan MySQL


Pendahuluan

Sesuai judul, pertanyaan ini yang sangat sering diajukan kepada kita oleh para pemula terutama yang lagi dalam proses pembuatan aplikasi berbasis MySQL menggunakan PHP, Delphi, Visual Basic, dan-lain yaitu : 

"Bagaimana caranya menggunakan MySQL ?"

yang kemudian merembet ke pertanyaan dan komentar berikut :
  • "Saya sudah install, tapi kok ga kelihatan apa-apa ?"
  • "Kok tidak semudah program Office seperti Excel ya ?"
  • dan beberapa pertanyaan lainnya.
Nah, sebelum dapat menjawab pertanyaan tersebut secara total,  kita pertama  harus mengetahui bahwa aplikasi komputer berdasarkan arsitektur terkini terbagi atas :
  1. Aplikasi Client, yaitu sistem aplikasi dimana aplikasi tersebut bersifat stand alone (dapat berdiri sendiri)
  2. Aplikasi Client - Server, yaitu dimana sistem terdiri atas beberapa aplikasi dan mereka saling tergantung satu dengan lainnya (tidak dapat berdiri sendiri).
Nah, MySQL termasuk ke dalam arsitektur aplikasi Client - Server. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan lebih jauh pada bagian berikut ini.

Apa maksudnya aplikasi Client Server ?

Aplikasi Client - Server (sesuai namanya) memiliki dua aplikasi yaitu :
  • Server  : merupakan program yang biasanya berjalan sebagai background process atau proses di belakang layar sistem operasi. User biasanya tidak dapat berhubungan dengan server secara langsung, tetapi harus melalui aplikasi client.

  • Client : merupakan aplikasi / program yang memiliki user interface (antar muka) seperti terminal / command prompt, tombol, kotak teks, menu toolbar, dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi selama ini yang kita kenal pada masa awal perkenalan komputer seperti Microsoft Office (Word, Excel, Access, PowerPoint),  Winamp, dan lain-lain, adalah aplikasi client karena kita langsung dapat berinteraksi dengannya.

Sedangkan aplikasi server seperti Internet Information Service (IIS) web server, mail server, ftp, dan lain-lain, biasanya tidak dapat kita berinteraksi langsung kecuali dengan aplikasi lain.

Contoh penggunaan aplikasi server paling terkenal mungkin adalah aplikasi mail server. 

Kalau kita berlangganan internet dari suatu ISP tertentu biasanya mendapatkan account email. Email ini biasanya disimpan dan dikenali oleh mail server. 

Untuk mengambil dan mengirim email dari account kita, kita menggunakan mail client. Salah satu aplikasi mail client terkenal adalah Microsoft Outlook. 

Berikut adalah gambar contoh interaksi antara Outlook dengan mail server.











User Interface Pada Aplikasi Client



Pembagian Client berdasarkan user interfacenya ini biasanya terbagi atas 2 yaitu :
  • Command Line User Interface (CLI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan mengirim perintah (command) berupa teks.

    Berikut adalah gambar penggunaan CLI MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional.


  • Graphical User Interface (GUI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan command dalam bentuk interaksi grafis seperti menekan tombol, membuka menu pulldown, dan seterusnya.

    Berikut adalah gambar penggunaan salah satu GUI client MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional.

Menggunakan MySQL dengan Aplikasi Client Terkenal

Nah, sekarang Anda sudah jelas bahwa interaksi dengan MySQL membutuhkan aplikasi client.

Berikut adalah daftar beberapa daftar aplikasi client terkenal MySQL dan link tutorial untuk menggunakan aplikasi tersebut :
  1. SQLYog : adalah aplikasi client desktop yang sangat terkenal terutama di kalangan pengguna Indonesia. Klik link berikut untuk artikel penggunaannya.

  2. PHPMyAdmin : merupakan aplikasi web yang dapati digunakan untuk manajemen dan administrasi server dan database serta objek-objek yang terdapat di dalamnya.

  3. MySQL GUI Tools : merupakan paket aplikasi yang terdiri dari MySQL Administrator, MySQL Query Browser, MySQL Migration Toolkit yang dapat di-download dari link berikut.

  4. Maatkit : berbagai utilitas berbasiskan PERL yang berguna untuk melakukan tugas-tugas rumit dengan mudah. Untuk daftar penggunaannya bisa lihat pada link berikut.
Dan masih banyak client MySQL lainnya, untuk daftar lainnya mungkin bisa melihat halaman pada link berikut yang cukup menarik :


~~~ Selesai ~~~


Comments